Jumat, 10 Januari 2014

Softskill Manajemen Pertemuan 8

A.    Definisi Controlling

Controlling atau pengawasan adalah proses untuk mengamati secara terus-menerus pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kerja yang telah disusun dan mengadakan koreksi jika terjadi kesalahan-kesalahan.
Controlling atau pengawasan adalah fungsi yang sangat penting karena membantu untuk memeriksa kesalahan dan mengambil tindakan korektif sehingga penyimpangan dari standar di minimalkan dan menyatakan tujuan organisasi dicapai dengan cara yang diinginkan.
Menurut Robert J. Mockler controlling adalah upaya sistematis oleh manajemen bisnis untuk membandingkan kinerja dengan standar yang telah di tentukan, rencana, atau tujuan untuk menentukan apakah kinerja ini sejalan dengan standar-standar ini dan mungkin untuk mengambil tindakan perbaikan yang di perlukan untuk melihat bahwa manusia dan sumber daya perusahaan lainnya yang di gunakan dengan cara yang paling efektif dalam mencapai tujuan perusahaan.

B.     Langkah-langkah dalam Kontrol

Langkah-langkah penting dalam proses pengendalian (controlling) yaitu:
a.  Mengidentifikasikan tujuan dan strategi
b.  Penyusunan program
c.  Penyusunan anggaran
d.  Kegiatan dan pengumpulan realisasi prestasi
e.  Pengukuran prestasi
f.   Analisis dan pelaporan
g.  Tindakan koreksi
h.   Tindakan lanjutan

Daftar Pustaka
Azrul Azwar. 1988. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi kedua. Jakarta: PT. Bina Rupa Aksara.
Eleanor J. Sullivan dan Phillip J. Decker. 1985. Effective Management in Nursing. California: Addison-Wesley Publishing Company.
H. Moh. Isa. 1980. Beberapa Bacaan tentang Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Latihan Pegawai Depkes RI.

T. Hani Handoko. 1995. Manajemen Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar