Jumat, 10 Januari 2014

Softskill Manajemen Pertemuan 10

A.    Definisi Kekuasaan

Kekuasaan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain.
Gilbert W. Fairholm mendefinisikan kekuasaan sebagai kemampuan individu untuk mencapai tujuannya saat berhubungan dengan orang lain, bahkan ketika di hadapkan pada penolakan mereka.
Karakter kekuasaan menurut Fairholm antara lain:
a.   Kekuasaan bersifat sengaja, karena meliputi kehendak, bukan sekedar tindakan acak.
b.   Kekuasaan adalah alat (instrumen) alat guna mencapai tujuan.
c.    Kekuasaan bersifat terbatas, diukur dan dibandingkan di aneka situasi atau di deteksi kemunculannya.

B.     Sumber-sumber Kekuasaan

      Menurut Gareth Morgan, sumber-sumber kekuasaan dalam organisasi berasal dari:
a.   Otoritas formal
b.   Kendali sumber daya langka
c.    Penggunaan struktur, aturan, dan kebijakan organisasi
d.   Kendali proses pembuatan keputusan
e.    Kendali batasan organisasi
f.     Kendali teknologi

C.     Definisi pengaruh
                  
           Menurut Norman Barry, pengaruh adalah suatu tipe kekuasaan yang jika seseorang yang dipengaruhi agar bertindak dengan cara tertentu, dapat dikatakan terdorong untuk bertindak demikian.
       Menurut Uwe Becker, pengaruh merupakan kemampuan yang terus berkembang, yang berbeda dengan kekuasaan. Tidak begitu terkait dengan usaha memperjuangkan dan memaksakan kepentingan.

D.    Pengaruh Taktik dalam Organisasi

Taktik-taktik mempengaruhi adalah cara-cara yang biasanya digunakan oleh seseorang untuk mempengaruhi orang lain. Jenis-jenis taktik yang digunakan dalam organisasi adalah:
1. Persuasi Rasional, terjadi jika seseorang mempengaruhi orang lain dengan menggunakan alasan yag logis dan bukti-bukti nyata agar orang lain tertarik.
2.      Daya Tarik Pribadi, terjadi jika seseorang mempengaruhi orang lain atau memintanya untuk melakukan sesuatu karena merupakan teman atau karena dianggap loyal.
3.    Koalisi, terjadi jika seseorang meminta bantuan dan dukungan dari orang lain untuk membujuk agar orang yang dijadikan target setuju.

Daftar Pustaka

Gilbert W. Fairholm, Organizational Power Politics: Tactics in Organizational Leadership, 2nd Edition (Santa Barbara: Praeger, 2009) , p.5.
John R. Schemerhorn, James G. Hunt, Richard N. Osborn, Organizational Behavior, 7thEdition (Phoenix : John Wiley & Sons, 2002) p.173.
Jeffrey Pfeiffer, Managing with Power: Politics and Influence in Organizations (New York: Harvard Business School Press, 1992) p.30.

Gareth Morgan, Images of  Organization (Thousand Oaks, California: Sage Publications, 2006) p.166.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar