Pengorganisasian Struktur Manajemen
A. Definisi pengorganisasian (organizing)
James D Mooney, organisasi yaitu bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Chesterl I Bernard,
organisasi yaitu suatu sistem aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang
atau lebih.
B. Definisi struktur organisasian
Struktur organisasi pada dasarnya merupakan desain
organisasi dimana manajer melakukan alokasi sumber daya organisasi, terutama
yang terkait dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki organisasi,
serta bagaimana keseluruhan kerja tersebut dapat dikoordinasikan dan
dikomunikasikan.
C. Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
Pengorganisasian yaitu proses yang menyangkut
bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain
dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan
organisasi yang kondusif, dan bisa memastikan bahwa semua pihak dalam
organisasi bisa bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan
organisasi.
DAFTAR PUSTAKA :
Hari Purnomo, Setiawan., Zulkieflimansyah.
(1996). Manajemen Strategi: Sebuah Konsep Pengantar. Jakarta:
Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Abdul Mukhyi, Muhammad., Hadi Saputro, Imam.
(1995). Pengantar Manajemen Umum. Depok: Gunadarma.
Tisnawati Sule, Ernie., Saefullah, Kurniawan.
(2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar